Assessment Center (AC) merupakan metode yang berbasis kompetensi yang diartikan sebagai proses sistematis untuk menilai ketrampilan, pengetahuan dan kemampuan individu yang dianggap kritikal bagi
keberhasilan kinerja yang unggul. Assessment Center, sebagai metodologi, merupakan evaluasi terstandar mengenai perilaku individu dengan menggunakan beragam simulasi dan instrumen tes perilaku. Melalui beragam materi tes, instrumen evaluasi kepribadian dan wawancara, para assesor yang terlatih melakukan obsevasi terhadap perilaku para peserta assessi; dan kemudian memberikan penilaian akhir assessment serta umpan balik pengembangan. Hasil nilai assessment dan umpan balik diharapkan akan memberikan sumbangan berharga bagi peningkatan mutu pegawai.
MANFAAT ASSESSMENT CENTER
Assessment Center yang merupakan suatu metodelogi untuk menilai atau mengevaluasi perilaku pegawai dalam pekerjaan sehingga hasil dari proses Assessment Center dapat digunakan dalam stategi pengembangan SDM suatu organisasi. Manfaat yang dapat digunakan dari hasil Assessment Center antara lain:
Memperoleh kriteria yang jelas untuk suatu jabatan tertentu
Mengidentifikasi kader-kader pemimpin melalui suatu metode yang memiliki akurasi dan obyektifitas yang dapat diandalkan
Menghasilkan strategi dan tindakan pengembangan yang spesifik dan terencana bagi pegawai
Mengidentifikasi kebutuhan pengembangan managerial pegawai.
Manfaat yang diperoleh dari Assessment Center tersebut dapat dipergunakan oleh pimpinan organisasi sebagai salah satu sarana/alat pengambilan keputusan yang berkaitan dengan SDM seperti rekruitmen, promosi, mutasi dan pengembangan karir pegawai.
SUMBER DAYA MANUSIA
Sebagai prasyarat dalam pengembangan AC, Sumber daya manusia yang ada di MAC BPKP telah mendapat pendidikan dan pelatihan di bidang SDM dari dalam dan luar negeri di antaranya dari:
SHL Singapura;
Cubiks, Australia dan Singapura;
PA QQ Consultant;
Kongres Assessor Internasional di Frankfurt,Jerman;
Prasetya Mulya, Jakarta;
Daya Dimensi Indonesia;
Konggres AC I dan II;
Program PascaSarjana Fakultas Psikologi UI.
SARANA
Ruang-ruang yang sesuai dengan standar untuk pelaksanaan assessment center.
Aula berkapasitas 50 orang
Peralatan Audio Video untuk kegiatan assessment di luar kantor
LAN, Internet
Buku-buku referensi
Ruang makan
JASA LAYANAN
Jasa Assessment Center
Hasil dari proses Assessment Center dapat menyediakan informasi bagi organisasi dalam stategi pengembangan dan pengambilan keputusan yang berkaitan dengan SDM seperti recruitment, promosi, mutasi dan pengembangan keahlian /ketrampilan pegawai. Metode ini cocok untuk mencari manajer/pejabat setingkat eselon 3 dan 2 dan pengembangannya.
Job Profiling
Suatu proses penentuan criteria atau standar dari suatu jabatan. Dengan job profiling ini organisasi dibantu dalam menyusun criteria/standard untuk jabatan atau pekerjaan tersebut sehingga organisasi punya acuan dalam menempatkan seseorang apakah kompetensi yang dimiliki calon cocok atau tidak dengan criteria jabatan tersebut.
Psikotest dan Personal Profiling
Membantu pegawai mengenal diri sendiri. Dalam kegiatan ini pegawai dibantu untuk menggali dan mengenali potensi diri serta mengenalkan pada area yang perlu dikembangkan, sehingga pengenalan diri sendiri ini dapat membantu kesuksesan dalam bekerja dan kehidupan sehari-hari. Metode ini cocok untuk seleksi staf sampai manajer tingkat petama.
Team Building/Assessment Team
Dalam kegiatan ini pegawai/kelompok pegawai dibantu untuk membangun kepercayaan diri untuk berkontribusi untuk organisasi sehingga tujuan/target organisasi yang telah ditetapkan dapat tercapai.
Program-Program Pengembangan Diri
Program ini untuk membantu meningkatkan kompetensi individu pegawai dalam menunjang pekerjaan. Program pengembangan diri tersebut seperti Communication skills, Presentation skill, Negotiation skills, Motivating People, Effective Meeting, etc.
Analisis Beban kerja
Membantu organisasi untuk mengetahui beban kerja masing-masing pegawai maupun unit organisasi secara keseluruhan.
Organizational Development
Membantu organisasi untuk mengevaluasi diri dalam upaya meningkatkan kinerja organisasi.
Job Analysis
Membantu organisasi dalam mengetahui informasi yang dibutuhkan dalam suatu jabatan seperti knowledge, skill, dan abilities.
KEGIATAN YANG TELAH DILAKSANAKAN OLEH MAC BPKP :
- Pembuatan exercise/simulasi assessment center disesuaikan dengan target dan tujuan assessment center.
- Sosialisasi AC-BPKP dan mapping pegawai menggunakan assessment tools di beberapa Perwakilan BPKP.
- Study banding ke beberapa Assessment Center, seperti PT. Telkom, PT. Pos, DDI Indonesia, DDI Amerika, BKD Propinsi Jateng, dan BKD Propinsi DI Yogyakarta.
- Assesment center bagi pejabat Eselon II, III dan IV BPKP baik pusat maupun daerah.
- Assessment Center bagi calon widyaiswara Pusdiklatwas BPKP.
- Pembuatan Job Profile pejabat struktural di lingkungan BPKP.
- Psikotest seluruh Pegawai BPKP golongan III.b ke atas.
- Team Building Pegawai Pusat Informasi Pengawasan dan Inspektorat BPKP.
- Assessment Center bagi calon Pimpinan PDAM Kota Pontianak, PDAM Kota Banjarmasin, PDAM Kota Jambi.
- Assessment Center bagi calon Internal Auditor PT. Antam.
- Organizational Development dan Penyusunan Job Description PDAM Kota Pontianak.
0 komentar
Posts a comment